• Sabtu, 18 September 2021

Akhirnya Mendikbudristek Tunda Aturan Baru Dana Bos Reguler

- Jumat, 10 September 2021 | 10:09 WIB
Mendikbudristek
Mendikbudristek

BANDUNG, GE - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim akhirnya menunda syarat minimum 60 murid untuk penyaluran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) reguler 2021-2022.

Hal itu dia sampaikan dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Rabu 8 September 2021. Nadiem berjanji akan mengkaji ­kembali peraturan itu.

Nadiem menegaskan, dasar pengkajian berangkat dari besarnya dampak pandemi Covid-19. Diperlukan fleksibilitas dan tenggang rasa ke­pada sekolah yang masih sulit me­la­kukan transisi untuk menjadi sekolah yang skala minimumnya lebih besar.

Baca Juga: Gus Imin Minta Mendikbudristek Cabut Aturan Baru Dana BOS

" Kami tidak akan memberla­ku­kan persyaratan ini pada 2022. Semoga ini bisa menenangkan masyarakat," kata dia.

Namun, anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDIP, Sofyan Tan berharap persyaratan itu tak hanya ditangguhkan sampai 2022, jika perlu hingga 2024. Ini berangkat dari
kondisi perbaikan ekonomi yang kemungkinan besar bisa pulih dalam jang­ka waktu 2-3 tahun.

"Memang hari ini pandemi melan­dai, tapi kerusakan ekonomi baru bisa pulih dalam 2-3 tahun sehingga kondisi ini berdampak terhadap masya­rakat kita," katanya 

Dikutip pikiran-rakyat.com Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia Heru Purnomo mengata­kan, persyaratan dana BOS pantas diberlakukan untuk meningkatkan kinerja sekolah, khususnya swas­­ta.

Baca Juga: Sadis! Anak Habisi Ibu Kandung di Cilacap

Syarat minimum 60 siswa dalam penyaluran dana BOS dipandang memiliki niat baik, yakni me­macu kinerja sekolah sekaligus me­nge­lola sekolah-sekolah agar bisa sehat.

Halaman:

Editor: Mohamad Kustandi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Disiplin Prokes, PTMT Kota Bandung Berjalan Optimal

Jumat, 17 September 2021 | 22:20 WIB
X