• Sabtu, 18 September 2021

PTMT di Kabupaten Bandung Implementasikan Prinsif BEDAS

- Rabu, 15 September 2021 | 00:08 WIB
Cakra Amiyana Sekda Kabupaten Bandung (Humas Pemkab Bandung)
Cakra Amiyana Sekda Kabupaten Bandung (Humas Pemkab Bandung)

KAB. BANDUNG, GE - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Cakra Amiyana menandaskan di Kabupaten Bandung Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) digelar dengan mengimplementasikan prinsip Bertahap, Efektif, Dinamis, Adaptif dan Strategis (BEDAS).

Bertahap mulai dari tahap risiko ringan, sedang dan tinggi. Efektif menggunakan waktu yang terbatas. Dinamis sesuai perkembangan, bisa progresif bisa pula bertahan, bahkan PTMT dapat dihentikan sementara.

“Kemudian Adaptif terhadap lingkungan, kondisi siswa dan keluarga dengan kurikulum penyesuaian. Sedangkan Strategis, dilakukan dilakukan dengan pola pembelajaran kombinasi antara daring (onlilne) dengan luring, tatap muka atau blended learning,” terang Cakra Amiyana, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (14/9/2021).

Bahkan Ia juga telah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kantor Kementerian Agama dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah VIII, untuk melaksanakan sosialisasi teknis PTMT yang sudah disiapkan.

Baca Juga: Pemkot Bandung Raih Hasil Memuaskan di Penilaian SAKIP dan RB Tahun 2020

Disamping itu juga agar mendata dan menunjuk satuan pendidikan atau madrasah yang sudah memenuhi persyaratan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Cakra juga telah menginstruksikan, agar pihak terkait tersebut melaksanakan pembinaan dan pemantauan selama pelaksanaan PTMT. Ditambahkannya, selain juga untuk melaksanakan evaluasi bertahap, dan memberikan laporannya kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Bandung. Dan berikutnya berkoordinasi dengan Dinkes (Dinas Kesehatan) terkait proses pendataan dan percepatan vaksinasi bagi peserta didik.

“Kepala satuan pendidikan harus senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa setempat terkait pelaksanaan PTMT, juga dengan fasilitas kesehatan atau puskesmas setempat terkait pendampingan layanan kesehatan selama kegiatan berlangsung. Dan yang terakhir, harus memastikan bahwa seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan telah mendapatkan vaksin,” pungkas Cakra.

Editor: Zaenal Ihsan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Disiplin Prokes, PTMT Kota Bandung Berjalan Optimal

Jumat, 17 September 2021 | 22:20 WIB
X