• Sabtu, 18 September 2021

Dinilai Kurang Sarana Pendidikan, Pemkab Bandung Akan Dirikan 17 Unit Sekolah Baru

- Rabu, 15 September 2021 | 00:27 WIB
Bupati Bandung Kang DS (Ihsan)
Bupati Bandung Kang DS (Ihsan)

KAB. BANDUNG, GE - Kondisi Kabupaten Bandung dinilai masih kekurangan sarana pendidikan, khususnya tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA), namun demikian pembangunan dan pengelolaan SMA merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Namun demikian, rencananya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan mendirikan 17 unit sekolah baru. Ke 17 unit baru itu diantaranya terdiri dari 16 SMP dan 1 SD. Hal tersebut dilakukannya dalam upaya meningkatkan angka Rata-rata Lama Sekolah (RLS). Menurutnya, hingga saat ini RLS Kabupaten Bandung baru mencapai 8,79 persen.

Demikian disampaikan Bupati Bandung Dadang Supriatna terkait rencananya membangun 17 unit sekolah baru, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (14/9/2021). 

Selain kurangnya sarana pendidikan, orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu meminta pemerintah pusat untuk mempertimbangkan kembali sistem zonasi.

Baca Juga: Setiawan Sekda Jabar Tekankan Pentingnya Kolaborasi Atasi Masalah Kesehatan Masyarakat

“Kondisi Kabupaten Bandung masih kekurangan sarana pendidikan, khususnya SMA. Insya Allah tahun ini kami akan mendirikan 17 unit sekolah baru. Sedangkan SMA itu kewenangan Pemprov. Apa yang kami sampaikan ini mudah-mudahan mendapat atensi dari Pemprov Jabar, bahwa Kabupaten Bandung masih membutuhkan sejumlah SMA,” ungkapnya.

Dengan luas wilayah, serta kurangnya sarpras pendidikan serta adanya sistem zonasi menyebabkan masih adanya masyarakat Kabupaten Bandung yang tidak melanjutkan sekolah.

"Ini merupakan persoalan yang harus kita pikirkan bersama-sama. Semoga ke depannya tidak ada lagi anak-anak kita yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya,” harapnya.

 

Halaman:

Editor: Zaenal Ihsan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Disiplin Prokes, PTMT Kota Bandung Berjalan Optimal

Jumat, 17 September 2021 | 22:20 WIB
X