• Minggu, 24 Oktober 2021

Ini Pentingnya Label Bebas BPA, Pada Kemasan Untuk Bayi dan Balita

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 20:56 WIB

JAKARTA, GE -- PENTINGNYA kesadaran masyarakat terkait penggunaan plastik kemasan makanan dan minuman yang lebih aman bagi kesehatan. Hal itu tercermin dari seminar yang diprakarsai oleh Chanel9.id dengan judul Urgensi Label Bebas BPA Bagi Kesehatan, yang diselenggarakan secara virtual, Selasa, 5 Oktober 2021.

Seminar menampilkan pembicara dan pembanding, antara lain; Arist Merdeka Sirait (Ketua Komnas Perlindungan Anak), Iwan Nefawan (Ahli Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan), Prof. Ahmad Sulaeman (Guru Besar IPB Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Masyarakat) dan Wawan Some (Koordinator Sampah Nol Indonesia). 

Pada kesempatan tersebut salasatu Narasumber Wawan Some (Koordinator Sampah Nol Indonesia) mengatakan, di Indonesia belum ada aturan yang tegas tentang plastik.

Baca Juga: Tiga Skenario Pemulihan Ekonomi di Jabar

'Ada yang bilang plastik bisa didaur ulang, tapi faktanya plastik di Indonesia yang bisa didaur ulang kurang dari 11 persen,' papar Wawan Some.

Wawan mengungkapkan, pemakaian plastik sudah mencapai 6 juta ton per-tahun. Secara keseluruhan plastik mengandung BPA kemudian ada pewarnanya. 

Ada bahan baku plastik itu kan minyak bumi. Saat rantai karbonnya pecah dampaknya luar biasa. Dia secara tunggal tidak berbahaya tapi ketika dia bertemu zat-zat tercemar lainnya dampaknya menjadi luar biasa. Salasatu struktur kimianya yang membentuk estrogen,' ungkap Wawan. 

Baca Juga: Tewasnya Dua Petani di Indramayu, Komisi IV DPR RI Ono Surono Angkat Bicara

Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait, dalam pemaparannya menjelaskan, bahwa Komnas PA akan lebih fokus bagaimana anak-anak bebas dari BPA khususnya bagi bayi, balita dan janin pada ibu hamil. 

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia SDN Di Gang: STONE Bandung

Kamis, 21 Oktober 2021 | 23:03 WIB

Telkomsel Serahkan Kios Pintar Ke Pemkab Sumedang

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:13 WIB

Jalur Kuning Artinya Masuk, Merah Artinya Keluar

Senin, 11 Oktober 2021 | 18:43 WIB

Aceh dan Sulawesi Semarakkan GEMASTIK 14

Selasa, 5 Oktober 2021 | 21:46 WIB
X