• Selasa, 30 November 2021

Ini yang dilakukan Bank Indonesia – Pemda Provinsi Jabar,Untuk Naikan Kelas UMKM

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:39 WIB
Caption : Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum memaparkan strategi pengembangan UMKM pada High Level Session WJIS 2021 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung.(foto istimewa)
Caption : Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum memaparkan strategi pengembangan UMKM pada High Level Session WJIS 2021 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung.(foto istimewa)

GELIAT EKONOMI, BANDUNG –  Bank Indonesia – Pemda Provinsi Jawa Barat (Jabar) memfasilitasi UMKM di ajang The 3rd West Java Investment Summit (WJIS) 2021. 

Ketiga UMKM itu yakni Palm Trees atau produk kelapa dengan pemilik proyek CV Mitra Niaga Indonesia, Hofland Coffe punya The Gunung Luhur Berkah,  dan Kopi Malabar Indonesia milik CV Malabar. Ketiga produk UMKM ini  yang semuanya dalam proses untuk didiskusikan dengan investor. 

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum yang mengisi High Level Session pada hari kedua WJIS memaparkan strategi pengembangan UMKM melalui skema investasi, di Hotel Homan Bandung.

Baca Juga: Jabar Kontributor Terbesar Ketiga Bagi Perekonomian Indonesia,Melalui WJIS Investor Meningkat 

Wagub yakin UMKM Jabar secara pasar sangat prospektif mengingat jumlahnya yang mencapai 5 juta unit usaha. Salah satu cara mengembangkan UMKM adalah dengan mempermudah perizinan dan sertifikasi halal. 

Ditambahkan Wagub,cara lain yaitu dengan memperkuat UMKM baik dari segi kapasitas produk, menajemen, skill, dan pemasaran. Kemudian, pemda provinsi Jabar menjalankan program penyediaan modal, pendidikan dan pembinaan, serta berkolaborasi dengan beberapa instansi. 

Menurut Wagub, saat ini sedang berjalan adalah One Pesantren One Product (OPOP) untuk mengembangkan UMKM berbasis pesantren dan masyarakat sekitar. Diketahui pondok pesantren banyak terdapat di perdesaan. 

Baca Juga: Catatan Menko dari Sisi Ekonomi Dua Tahun Kinerja Kabinet Indonesia Maju

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat (Jabar) Herawanto mengatakan salah satu keunggulan UMKM di Jabar adalah dalam bidang kreatif,terangnya. 

Halaman:

Editor: Ferry Ardiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jabar Tertinggi Realisasi Investasi di Indonesia

Rabu, 24 November 2021 | 19:12 WIB

Peningkatan Peran Bank Syariah melalui SDM Unggul

Selasa, 9 November 2021 | 21:27 WIB

Sertifikasi SNI Tingkatkan Nilai Jual UMKM

Rabu, 3 November 2021 | 19:50 WIB

Model Usaha Ekonomi Kreatif Berbasis Start Up.

Jumat, 29 Oktober 2021 | 11:54 WIB
X