• Senin, 29 November 2021

Peningkatan Peran Bank Syariah melalui SDM Unggul

- Selasa, 9 November 2021 | 21:27 WIB
Caption : Wapres K.H. Ma’ruf Amin.(Foto Setwapres)
Caption : Wapres K.H. Ma’ruf Amin.(Foto Setwapres)

GELIAT EKONOMI,JAKARTA - Industri halal terus menjadi fokus pemerintah dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Meningkatnya keterbukaan ekonomi membuat semakin terjalinnya hubungan ekonomi antarnegara sehingga bank syariah diharapkan mampu melayani transaksi keuangan bertaraf global.

Untuk itu, diperlukan adanya peningkatan peranan bank syariah melalui penyiapan SDM, peningkatan literasi dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air dari berbagai pihak,Kata Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada acara The 2021 Sebelas Maret International Conference on Islamic Economics, melalui konferensi video di Jakarta , Selasa 9 November 2021.

Menurut Wapres,agar peran bank syariah lebih optimal, maka diperlukan penyiapan SDM unggul untuk menciptakan produk dan layanan baru, memperluas jaringan layanan perbankan syariah, dan memperluas literasi kepada masyarakat,tuturnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Hasilkan Empat Karya Lukisan Selama Karantina Tiga Hari

Lebih lanjut dikatakan Wapres penguatan bank syariah telah dilakukan dengan mendorong Bank Pembangunan Daerah (BPD) dikonversi menjadi bank syariah.

Ditambahkan Wapres langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pembiayaan syariah oleh bank syariah, baik yang sifatnya bank umum maupun bank daerah,jelasnya.

Wapres pun menegaskan, bank syariah merupakan pilar penting dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, karena perannya sangat strategis dalam industri produk halal dan perluasan usaha syariah. Untuk itu, bank syariah memiliki peluang kontribusi dalam memajukan industri keuangan syariah.

Baca Juga: Wapres : Perguruan Tinggi Diharapkan Dapat Memajukan Ekonomi dan Keuangan Syariah

“Bank syariah di masa depan setidaknya memiliki tiga peranan penting. Pertama, memfasilitasi permodalan kepada pelaku yang bergerak di industri produk halal. Yang kedua, memberikan akses kepada seluruh pelaku bisnis. Ketiga, dapat melayani transaksi besar dan bertaraf global,” urai Wapres.

Halaman:

Editor: Ferry Ardiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jabar Tertinggi Realisasi Investasi di Indonesia

Rabu, 24 November 2021 | 19:12 WIB

Peningkatan Peran Bank Syariah melalui SDM Unggul

Selasa, 9 November 2021 | 21:27 WIB

Sertifikasi SNI Tingkatkan Nilai Jual UMKM

Rabu, 3 November 2021 | 19:50 WIB

Model Usaha Ekonomi Kreatif Berbasis Start Up.

Jumat, 29 Oktober 2021 | 11:54 WIB
X