• Senin, 29 November 2021

Teknologi Digital Mengakselerasi Transformasi Menuju Ekonomi Baru

- Rabu, 10 November 2021 | 21:26 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto .(Sumber ekon.go.id)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto .(Sumber ekon.go.id)

 

GELIAT EKONOMI,JAKARTA -- Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan,saat ini masyarakat semakin adaptif dalam memanfaatkan teknologi, termasuk untuk tujuan ekonomi,ungkapnya saat memberikan opening address dalam acara Indonesia: Tech Innovation for Profit and Purpose pada the Singapore Week of Innovation and Technology 2021 di Jakarta, Rabu 10 November 2021. 

Teknologi digital telah membuka kemungkinan kolaborasi yang lebih besar di antara para pemangku kepentingan ekonomi dalam rangka memperluas perdagangan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan akses ke layanan publik.

Lebih lanjut dikatakan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto,momentum ini harus dimanfaatkan untuk mempercepat proses transformasi digital, ujarnya. 

Baca Juga: Aleg Sumiyati : Jadikan Teladan Pahlawan Sebagai Contoh Melawan Kemiskinan dan Kebodohan

Menurut Airlangga,nilai ekonomi digital Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) telah melampaui US$100 miliar dan diprediksi akan meningkat tiga kali lipat menjadi lebih dari US$300 miliar pada tahun 2025. 

Penggerak utama ekonomi digital ASEAN adalah e-commerce, lalu diikuti oleh transportasi dan pengiriman makanan, media online, dan travel. Selain itu, Healthtech dan Edutech kini berkembang menjadi sektor yang menjanjikan.

Perkembangan ekonomi digital di Indonesia juga dapat dilihat dari total investasi pada platform digital yakni sekitar 38,7%, jumlah terbesar di Asia Tenggara. Sektor strategis yang menjadi kekuatan baru ekonomi digital antara lain Agritech, Fintech, Edutech, dan Healthtech.

Baca Juga: Refocusing Anggaran Berdampak Pada Program Mitra Kerja

Halaman:

Editor: Ferry Ardiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jabar Tertinggi Realisasi Investasi di Indonesia

Rabu, 24 November 2021 | 19:12 WIB

Peningkatan Peran Bank Syariah melalui SDM Unggul

Selasa, 9 November 2021 | 21:27 WIB

Sertifikasi SNI Tingkatkan Nilai Jual UMKM

Rabu, 3 November 2021 | 19:50 WIB

Model Usaha Ekonomi Kreatif Berbasis Start Up.

Jumat, 29 Oktober 2021 | 11:54 WIB
X