• Senin, 29 November 2021

Bangkitkan Ekonomi UMKM, Kawasan Kuliner Sultan Agung Bisa Jadi Solusi

- Senin, 15 November 2021 | 21:52 WIB
PKL Kawasan Sultan Agung Kota Bandung
PKL Kawasan Sultan Agung Kota Bandung

GELIAT EKONOMI, BANDUNG -- Membangkitkan ekonomi pascapandemi Covid-19 sejumlah lagkah diambil Pemerintah kota Bandung. Salah satunya dengan penataan PKL di kawasan Sultan Agung.

Ketua Satgasus PKL Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, upaya ini untuk merangsang krativitas dan inovasi para pelaku UMKM. Sehingga penataan ini diharapkan menjadi semangat baru bagi pedagang kuliner Sultan Agung.

"Mudah-mudahan para pedagang dan pembeli merasa aman dan nyaman, dan insyallah semakin sehat. Sehingga pertumbuhan ekonomi semakin tumbuh, syukur-syukur teman-teman PKL ini bisa naik kelas punya toko atau lainnya yang lebih besar," ucap Yana saat peresmian penataan kuliner Sultan Agung pada Senin 15 November 2021.

Baca Juga: Miliki Perda Kawasan Tanpa Rokok, Ini Empat Tempat Baru KTR Kota Bandung

Selain membuat area berjualan yang lebih rapi dan aman, juga turut menghadirkan tujuh set meja dan kursi untuk mendukung kenyamanan pembeli.

Yana berharap, para pedagang tetap perhatikan regulasi Pemkot Bandung. Penataan ini sebagai upaya untuk tetap memfasilitasi masyarakat, namun tetap harus berpegang pada aturan dan ketentuan.

"Karena bagaimana pun para PKL ini menempati trotoar yang merupakan hak pejalan kaki. Dan di sini kita lihat pejalan kaki tetap dihargai masih ada tempat dan pedagang bisa ada kesempatan berjualan," ujarnya.

Terkait landasan aturan ini, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM)Kota Bandung, Atet Dedi Handiman menuturkan, regulasi PKL sudah tertera di dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2011 tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima.

Baca Juga: Organisasi Ketahanan Pangan Internasional Lirik Program Buruan SAE Kota Bandung

Untuk kawasan kuliner Sultan Agung ini masuk ke kategori zona kuning. Sehingga, 20 pedagang ini bisa tetap berniaga namun tetap dengan ketentuan yang berlaku.

Halaman:

Editor: Mohamad Kustandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jabar Tertinggi Realisasi Investasi di Indonesia

Rabu, 24 November 2021 | 19:12 WIB

Peningkatan Peran Bank Syariah melalui SDM Unggul

Selasa, 9 November 2021 | 21:27 WIB

Sertifikasi SNI Tingkatkan Nilai Jual UMKM

Rabu, 3 November 2021 | 19:50 WIB

Model Usaha Ekonomi Kreatif Berbasis Start Up.

Jumat, 29 Oktober 2021 | 11:54 WIB
X