• Minggu, 3 Juli 2022

Ini Ungkapan Ashanty

- Rabu, 1 Juni 2022 | 20:09 WIB

GELIATEKONOMI, JAKARTA -- PENYAKIT Autoimun mencuat dan menjadi perhatian publik ketika beberapa artis seperti Raditya Dika, Ashanty dan Cita Citata mengungkapkan kalau dirinya mengidap penyakit itu.

Ashanty mengidap penyakit dengan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh tidak dapat menjalani fungsi normalnya, sehingga sel-sel tubuh mudah terserang penyakit. Padahal sistem imun bertugas melawan infeksi virus, bakteri dan benda asing lainnya yang membahayakan tubuh.

Ashanty mengaku gejala awal autoimun dirasakannya sejak 2019, berupa sakit kepala, mudah lupa, gangguan kecemasan, dan stres. Bahkan wanita 38 tahun dengan nama lengkap Ashanty Siddik Hasnoputro sempat mengalami drop hingga susah beraktivitas sehari-hari.

'Dan ternyata yang selama ini selalu aku keluhkan ketahuan. Kalau nggak karena dokter Terawan, nggak tau selama ini aku sakit apa! Ngga bisa tidur kenapa? Sakit kepala dari dulu karena apa? Pelupa banget belakangan, suka cemas, mudah stres belakangan, gampang kepikiran,' ungkapnya kepada wartawan.

Baca Juga: Dengan Adanya 'Isu' Pilpres 2024, Ketua KPK Meminta Dirinya Jangan Diganggu

'Diagnosa awal kaget banget, aku kena autoimun, sesuatu yang nggak pernah saya bayangkan, dengernya aja serem, googling aja tadi ngeri-ngeri banget,' imbuh Ashanty.

Menurut Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, dokter spesialis yang juga Ketua Umum Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (Peralmuni), yang dikonfirmasi Seide.id pekan lalu, autoimun adalah suatu penyakit di mana sisi imun menyerang tubuh sendiri.

'Antibodi yang seharusnya melindungi dari serangan virus lawan dari luar, pada autoimun terjadi error, sehingga antibodi yang kita harap membela kita, malah menyerang tubuh sendiri, tak lagi mengenal lawan maupun kawan,' kata dokter penyakit dalam dan konsultan alergi imunologi di RS Mayapada dan RS Pondok Indah, dalam acara Meet The Experts di Jakarta, pekan lalu.

Selaku Ketua Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI), Profesor Iris menjadi pembicara utama dalam forum Meet The Experts di Hotel Grand Mercure, di Kemayoran, yang menghadirkan para pakar kedokteran, sel dan virus dan digelar oleh PT Biotek Farmasi Indonesia untuk mengenalkan produk-produk Biotek Farmasi Indonesia.

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Setelah Tertunda Tiga Tahun Film 'Ranah 3 Warna'

Sabtu, 25 Juni 2022 | 08:38 WIB

Ini Tantangan Terberat Amanda Rawles

Sabtu, 25 Juni 2022 | 08:29 WIB

Ini Bentuk Ungkapan Terima Kasih Ita Purnamasari

Kamis, 23 Juni 2022 | 08:41 WIB

Keke Menyesuaikan Market Musik Saat Ini

Rabu, 15 Juni 2022 | 20:33 WIB

Nagaswara Akhirnya Garap Lagi Velline Chu

Minggu, 12 Juni 2022 | 19:36 WIB

Mita The Virgin Akhirnya Gaet Angie Rey

Senin, 6 Juni 2022 | 20:20 WIB

Ini Ungkapan Ashanty

Rabu, 1 Juni 2022 | 20:09 WIB

Ageng Kiwi Mensomasi Pedangdut Tiara Marleen

Kamis, 24 Maret 2022 | 13:38 WIB
X