• Minggu, 2 Oktober 2022

Gelaran FMR (Festival Musik Rumah), Sudah Berjalan 5 tahun Meski Pandemi Tetap Berjalan

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:26 WIB

GELIATEKONOMI, JAKARTA -- KONSER Musik ternyata tidak harus dipanggang besar dengan suara musik yang menggelegar dan jumlah penonton ribuan orang. Dengan panggung rumahan dengan penonton 5 orang, bisa menggelar konser. Hal itu terjadi pada Festival Musik Rumah (FMR). Dan diam-diam gelaran FMR sudah berlangsung untuk ke 5.

'Alhamdulillah FMR sudah berjalan selama 5 tahun, meski Pandemi FMR tetap berjalan,' ujar Petrus Briyanto Adi (panggilan Adoy), penggagas dan pengarah Festival Musik Rumah (FMR). Ketika menggelar Temu Media jelang FMR yang bakal digelar selama tiga hari 19-21 Agustus 2022 mendatang.

Konon Festival musik tahunan yang merayakan kebhinekaan dan merawat kebersamaan. Pada tiga hari tersebut akan berlangsung konser-konser di banyak rumah lintas daerah, zona waktu, bahkan negara. Hingga siaran ini ditulis ada 30 penampil yang berpartisipasi di dalamnya. Tentunya tidak hanya penampil, tuan rumah adalah partisipan penting dalam kegiatan ini sesuai dengan nama festival dan format sajian Live Music-nya yaitu Konser Rumah.

Baca Juga: Rahayu Kertawiguna: Tahun 2022, Era Genre Pop Melayu Bangkit Kembali

'Konser rumah menyajikan pengalaman yang khas dibanding bentuk live music lainnya. Disana ada kehangatan, kekeluargaan, intim sekaligus apresiatif dan responsif. Seperti layaknya kita betah di suatu rumah. Tentunya banyak faktor yang menimbulkan fitur-fitur tersebut. Justru di Festival Musik Rumah inilah kita belajar dan bergotong royong untuk bisa merayakannya,' papar Adoy.

Adoy menambahkan, pada setiap pelaksanaannya FMR menentukan tema sebagai semangat Bersama menjalaninya.

'Kami ingin FMR menjadi sarana belajar hidup bersama. Apa yang kami percaya penting untuk kita latih dan samakan semangatnya kita jadikan tema di setiap FMR. Tahun ini temanya adalah 'sederhana,' jelas Adoy tentang tema FMR2022.

Selain menjadi semangat bersama 'Sederhana' juga menjadi semacam panduan dalam berpartisipasi di dalam FMR2022. Bagaimana publik bisa turut menikmati FMR ? Cara utama adalah dengan datang bertamu ke rumah-rumah Konser di FMR2022 pada jadwal yang diumumkan. Namun jika tidak memungkinkan, Konser-konser rumah ini dapat disaksikan liputannya, siaran langsungnya, dokumentasinya, di kanal resmi FMR : http://festivalmusikrumah.id dan YouTube channel: Festival Musik Rumah.

Baca Juga: Frappe Series, Minuman Pelepas Dahaga

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wali Band, Kamu Bohong !

Senin, 5 September 2022 | 17:00 WIB

Dhara Shang Yang Kian Matang

Selasa, 30 Agustus 2022 | 17:30 WIB

Dan Tanta Ginting Pun Muntah Sampai 3 Kali ?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 05:50 WIB

Andrigo Karam Ditengah Harapan ?

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:29 WIB

Terpopuler

X