• Sabtu, 18 September 2021

Bukan Hanya Adaptif, Ulama juga Dinilai Oded Harus Familiar dengan Teknologi Komunikasi

- Sabtu, 11 September 2021 | 15:23 WIB
Walikota Bandung saat menghadiri Musda MUI Kota Bandung (Humas Kota Bandung)
Walikota Bandung saat menghadiri Musda MUI Kota Bandung (Humas Kota Bandung)

 

BANDUNG, GE - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengungkapkan sosok ulama memiliki peran penting dan tanggung jawab moral terhadap pembinaan umat. Oleh karenanya, ulama harus bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi kekinian. 

Oleh karenanya, penyesuaian para ulama menjadi sebuah keniscayaan. Seperti tuntutan untuk lebih familiar dengan penggunaan teknologi komunikasi dan memahami beragam media interaksi sosial berbasis daring atau online. Disamping wawasan para ulama diperlukan untuk bisa mengorelasikan situasi terkini dengan ajaran agama Islam.

Hal tersebut ia sampaikan saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke-10 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung, di Kantor MUI Kota Bandung, Sabtu, (11/9/2021).

Baca Juga: Di Pengadilan Agama (PA) Bandung, Yang Berkebutuhan Khusus Bisa Bersidang.

Ditambahkan Oded, saat ini penyesuaian bukan hanya berkenaan dengan pandemi Covid-19 saja. Namun, kehidupan sosial masyarakat turut mengalami pergeseran seiring dengan perkembangan zaman.

"Perubahan interaksi masyarakat harus menjadi perhatian dalam menyusun program. Penyesuaian demi penyesuaian harus dilakukan dalam pola-pola dakwah dan pembinaan umat. Para ulama juga menghadapi tantangan berupa penyebaran hoaks yang masif. Sebagai pembina umat, ustaz, kiai, dan ulama harus menjadi garda terdepan dalam penyebaran informasi yang sahih," terangnya.

Oded berharap, beragam penyesuaian tersebut bisa menjadi bahan rujukan dalam menyusun program kerja bagi kepengurusan periode berikutnya. Namun, utamanya setiap program dari MUI harus bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Ketua MUI Kota Bandung Periode 2016-2021, Miftah Faridl mengungkapkan, dalam Musda ke-10 ini menjadi komitmen organisasi untuk merespon dinamika persoalan terkini. Sekaligus menyiapkan program kunci bagi para ulama ke depannya.

Halaman:

Editor: Zaenal Ihsan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sinergi Jabar-Bali Bahu-membahu Pulihkan UMKM

Sabtu, 18 September 2021 | 10:49 WIB

BPSDM Jabar Harus Bentuk ASN Yang Mendukung Pemprov

Senin, 13 September 2021 | 19:05 WIB

Bisnis E-Commerce diprediksi Capai USD 124 Miliar

Senin, 13 September 2021 | 13:52 WIB
X