• Minggu, 24 Oktober 2021

Komponen Cadangan Dikerahkan, Bila Negara Dalam Keadaan Darurat Militer Atau Keadaan Perang

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 22:31 WIB

BANDUNG BARAT, GE -- PANGDAM III Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto, menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo di Bandara Internasional Husein Sastranegara Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 7 Oktober 2021.

Selain Pangdam III Siliwangi tampak hadir Kapolda Jabar, Gubernur Jabar dan Komandan Lanud Husein Sastranegara.

Baca Juga: DPRD Jabar Sorot Penanganan Penambang Ilegal

Kedatangan Presiden RI. Dalam rangka memimpin Upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2021, yang digelar di Lapangan Pusdiklatpassus Batujajar, di Jl. Batujajar, K Drabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Turut mendampingi Presiden RI, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol. Sedangkan yang hadir pada acara penetapan Komcad diantaranya Menhan RI, Panglima TNI, Kapolri, Kepala Staf Angkatan, Dankodiklat TNI, Dankodiklatad dan Pangkogabwilhan 1 serta tamu undangan lainnya.

Setelah dilaksanakan penyambutan, selanjutnya Presiden Joko Widodo menjadi Irup pada upacara penetapan komponen cadangan. Perlu diketahui bahwa Komponen Cadangan adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN). 

Selain itu, Komponen Cadangan dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang, dimobilisasi oleh Presiden. Dengan persetujuan DPR yang komando dan kendalinya berada di Panglima TNI. Artinya, tidak ada Anggota Komponen Cadangan yang melakukan kegiatan mandiri. 

Baca Juga: Yayasan Humaniora dan Komune KASIH, Sukses Gelar Konser Amal Bantu Seniman

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Para Kepala Desa, Harus Saling Berkoordinasi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:18 WIB

PD Kebersihan Kota Bandung Resmi Dilikuidasi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:41 WIB

Wujud Bela Negara Menurut Walikota Bandung

Senin, 11 Oktober 2021 | 22:14 WIB
X