• Jumat, 17 September 2021

Tewaskan 41 Napi, Kebakaran Lapas Tangerang Masih dalam Penyidikan

- Kamis, 9 September 2021 | 22:33 WIB
Ilustrasi Kebakaran
Ilustrasi Kebakaran

TANGERANG, GE - Kebakaran Lembaga Permasyarakatkan (Lapas) Kelas I Tangerang Banten yang menyebabkan 41 orang narapidana termasuk 2 Warga Negara Asing (WNA) yang berasal dari Portugal dan Afrika Selatan tewas dalam kebakaran yang terjadi pada Rabu (08/09/2021) dini hari.

Meski masih dalam tahap penyelidikan penyebab pasti kebakaran tersebut. Namun, di duga kuat penyebab kebakaran Lapas kelas I Tangerang itu terjadi akibat adanya arus pendek listrik. Tragisnya kebakaran ini memakan korban jiwa dari kalangan narapidana yang cukup banyak.

Pihak Kepolisian saat ini masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait insiden kebakaran di Lapas kelas I Tangerang. Untuk memastikan penyebab pasti dari peristiwa kebakaran tersebut. Adakah unsur kelalaian atau murni bencana kebakaran.

Baca Juga: Gus Imin Minta Mendikbudristek Cabut Aturan Baru Dana BOS

Sedangkan terkait dengan korban yang meninggal dunia dan luka-luka saat ini proses penanganannya masih dilakukan oleh petugas yang juga memberi penjagaan secara ketat.

Korban yang mengalami luka-luka, baik luka bakar maupun yang lainnya yang masih tergolong luka ringan ditangani tim medis Lapas kelas 1 Tangerang . Sedangkan untuk yang luka berat dibawa ke RSUD Tangerang.

Untuk pengamanan dilakukan secara ketat oleh aparat gabungan dari kepolisian, TNI dan petugas internal Lapas Kelas 1 Tangerang.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI membenarkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Provinsi Banten telah terbakar pada Rabu (8/9) dini hari.

Baca Juga: Prabowo Instruksikan Kader Gerindra Jatim Bantu Warga Terdampak Covid-19

"Untuk detail kapan peristiwa itu terjadi kita belum tahu, tapi yang jelas informasinya saat ini api sudah padam," jelas Kepala Bagian Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman saat dihubungi di Jakarta, Rabu, (08/09/2021) dikutip dari laman suaramerdeka.com

Namun, tambah Tubagus, berkaitan dengan penyebab kebakaran Lapas kelas I Tangerang hingga kini belum ada informasi pasti.

Halaman:

Editor: Mohamad Kustandi

Sumber: Suara Merdeka

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Karena Konten Ini, Hersubeno Arief dilaporkan ke Polisi

Selasa, 14 September 2021 | 16:02 WIB
X