• Minggu, 24 Oktober 2021

Setkab Gelar Webinar Terkait Pemanfaatan Keanggotaan Indonesia pada Organisasi Internasional

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 23:13 WIB
Deputi Polhukam Setkab (Humas Setkab)
Deputi Polhukam Setkab (Humas Setkab)

JAKARTA, GE - Sekretariat Kabinet (Setkab) melalui Asisten Deputi Bidang Hubungan Internasional (HI), Kedeputian Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) menyelenggarakan webinar bertema “Pemanfaatan Keanggotaan Indonesia pada Organisasi Internasional dalam Mendukung Pencapaian Kepentingan Nasional”, Selasa (5/10/2021).

Deputi Bidang Polhukam Setkab Purnomo Sucipto saat membuka diskusi menyampaikan bahwa ketentuan mengenai keanggotaan Indonesia pada OI diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Keanggotaan dan Kontribusi Indonesia pada Organisasi Internasional.

“Ada Perpres 30 Tahun 2019 yang di situ mengatur mengenai acuan, koridor, serta tujuan yang lebih jelas dari keanggotaan Indonesia pada organisasi internasional,” kata Purnomo.

Dalam Perpres tersebut, imbuh Purnomo, dijelaskan bahwa keanggotaan Indonesia pada organisasi internasional bertujuan untuk meningkatkan peran dan kinerja Indonesia di fora internasional, menjalin dan mengelola hubungan baik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara lain, serta membangun dan mempertahankan kepercayaan masyarakat internasional terhadap wibawa dan kehormatan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Kemendagri Terbitkan Inmendagri No 47 Terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Jawa dan Bali

Deputi Polhukam berharap pada penyelenggaraan webinar kali ini akan ada pemikiran-pemikiran yang bisa menyempurnakan terwujudnya keanggotaan Indonesia pada organisasi internasional secara optimal dan bermanfaat.

Melalui diskusi ini, narasumber diharapkan dapat memberikan pandangan mengenai upaya menyinergikan keanggotaan Indonesia pada OI agar sesuai dengan prioritas dan kepentingan nasional yang ingin dicapai.

“Saya berharap narasumber dan peserta bisa menyampaikan pemikiran dan sikap untuk menyempurnakan optimalnya keikutsertaan Indonesia pada organisasi internasional. Komposisi narasumber beragam, diharapkan memberikan gagasan dan sikap yang juga beragam dari berbagai angle,” tandasnya.

Baca Juga: Kapolda Banten Rayakan HUT TNI ke 76 Secara Sederhana di Rumdin Danrem 064 MY

Halaman:

Editor: Zaenal Ihsan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Lansia Ini dibedah, Hingga Fasilitas Perabot

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:02 WIB
X