• Minggu, 24 Oktober 2021

Menkominfo Johnny G. Plate Resmikan BTS 4G di Papua Barat

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 21:47 WIB
2021. Foto: BPMI Setpres/Rusman Menkominfo Johnny G. Plate Peresmian BTS 4G di Provinsi Papua Barat, yang berlangsung di Swiss Belhotel Manokwari, Rabu (6/10/2021).
2021. Foto: BPMI Setpres/Rusman Menkominfo Johnny G. Plate Peresmian BTS 4G di Provinsi Papua Barat, yang berlangsung di Swiss Belhotel Manokwari, Rabu (6/10/2021).

MANOKWARI, GE - Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Papua Barat. Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo tentang percepatan transformasi digital nasional. Oleh karena itu, Menteri Johnny mengajak masyarakat untuk menjaga infrastruktur telekomunikasi yang telah dibangun dengan baik.

“Pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G merupakan bagian penting dari arahan Presiden Joko Widodo dalam agenda percepatan transformasi digital nasional,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Akses Telekomunikasi dan Peresmian BTS 4G di Provinsi Papua Barat, yang berlangsung di Swiss Belhotel Manokwari, Rabu (6/10/2021).

Menurut Menkominfo, layanan BTS 4G di Provinsi Papua Barat ditandai dengan dimulainya peresmian BTS 4G yang telah on air di dua kabupaten yang mencakup Desa Isiren, Kecamatan Rumberpoon dan Desa Siresi Kecamatan Soug Jaya di Kabupaten Teluk Wondama, serta Desa Kasi Indah Kecamatan Kasi Kabupaten Tambrauw.

Baca Juga: Presiden Minta Mentan Tingkatkan Produktivitas Jagung Nasional

“Setelah infrastrukturnya tersedia, tentu pesan Bapak Presiden ini dijaga dengan baik. Bukan hanya dijaga oleh Kominfo atau kontraktor, tapi dijaga bersama-sama dengan masyarakat, karena itu menggunakan APBN, uang rakyat. Jadi kita jaga bersama-sama,” ajaknya.

Menteri Johnny memaparkan di Papua Barat terdapat 824 BTS 4G yang telah dibangun. Menurutnya, keberadaan layanan BTS 4G saat ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam pengembangan tata ruang dan pembangunan daerah.

“Rapat koordinasi kita hari ini tidak saja untuk menentukan titik lokasi pembangunan BTS (berikutnya), tetapi juga menjadi acuan pengembangan tata ruang dan pembangunan daerah,” harapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Pameran Alutsista Bentuk Transparansi Publik

Menkominfo juga meminta koordinasi dan penataan ruang pembangunan daerah memperhatikan ketersediaan coverage sinyal 4G yang menjadi aktifitas saat ini dan masa depan masyarakat.

Halaman:

Editor: Ferry Ardiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah Lansia Ini dibedah, Hingga Fasilitas Perabot

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:02 WIB
X