• Sabtu, 10 Desember 2022

Taufiqurokhman: Pengguna Internet di Indonesia Mencapai 88,1 Juta, Terbanyak Kaum Wanita

- Kamis, 9 Juni 2022 | 06:51 WIB
Diskusi Lingkar Merdeka-SMSI (SMSI)
Diskusi Lingkar Merdeka-SMSI (SMSI)

JAKARTA, GELIAT EKONOMI - Mengutip dari data Puskakom UI & KomInfo Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Dr. Taufiqurokhman, A.Ks, S.Sos, M.Si menjelaskan bahwa jumlah pengguna Internet di Indonesia mencapai 88,1 Juta atau 34,9% dari total jumlah penduduk di Indonesia.

Menurutnya, akses internet masyarakat Indonesia = 1 – 3 jam per hari (Telepon & Celluler: 85 %; Laptop/Notebook: 32 %; PC/Komputer: 14 %; Tablet 13 %)

Bahkan disebutkan mayoritas pengguna internet adalah kaum hawa atau berjenis kelamin wanita dengan perbandingan, Wanita 55 %; Laki-laki 45 %.

Baca Juga: Sebagai Calon Pemimpin, Kaum Milenial Harus Pahami Empat Pilar Kebangsaan

Hal itu diungkapkan Taufiqurokhman saat diskusi Lingkar Merdeka-SMSI yang digelar secara hybrid, online dan offline di kantor pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jalan Veteran II, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Juni 2022.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh PewCenter.org, sebagian besar anak telah menjadi korban penindasan maya di masa lalu. Hal ini dapat berpengaruh kepada perkembangan orang tersebut serta menimbulkan ketidaknyamanan.

"Biasanya orang yang melakukan hal tersebut menggunakan akun palsu sehingga tidak diketahui. Melalui media sosial, seseorang dapat meretas data pribadi orang lain dan disebarluaskan di internet. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai pencurian identitas yang menyebabkan kerugian terhadap orang lain," terangnya.

Baca Juga: Membangun Komunikasi Sosial Yang Efektif, Di Era Digital Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD

Bahkan, sambungnya, media sosial juga bisa menyebabkan rasa candu kepada seseorang. Hal tersebut terkadang membuatnya melupakan dunia nyata sehingga berbagai hal terabaikan begitu saja.

Halaman:

Editor: Zaenal Ihsan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Umumkan Peluncuran Dentsu Internasional

Jumat, 2 September 2022 | 18:01 WIB

Ono Surono : Meski Menang SMRC, Jangan Jumawa

Rabu, 12 Januari 2022 | 07:14 WIB
X