• Jumat, 17 September 2021

Ini Cara Mudah Buat Podcast Menggunakan Smartphone

- Jumat, 10 September 2021 | 19:48 WIB
Cara bikin podcast
Cara bikin podcast

GeliatEkonomi - Kata podcast yang merupakan singkatan dari play on demand dan broadcast akhir-akhir ini sedang menjamur di kalangan anak muda. Podcast atau hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak umum via media internet kini mulai jamak digunakan untuk berbagi konten.

Podcast bisa menjadi sarana kreatif untuk memberikan hiburan dan wawasan baru dengan cara yang lebih mudah dinikmati oleh para pendengarnya sambil melakukan kegiatan lain. Podcast cocok untuk kamu yang suka bercerita, menyuarakan opini, atau membuat konten pengalaman diri.

Namun ketika kamu ingin memulai sebagai podcaster seringkali menghadapi kebingungan dalam menentukan konten. Selain itu, kamu pun kadang bingung karena tidak memiliki peralatan seperti mixer atau mikrofon yang bagus bahkan mahal untuk membuat podcast.

Baca Juga: Cegah Varian MU Masuk Indonesia, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Berikut ualasan membuat podcast bagi pemula dengan menggunakan smartphone.


Tentukan Tema Pembicaraan


Siapkan script terlebih dahulu sesuai tema yang ingin kamu bicarakan. Kalau bisa pilih topik relevan yang dapat menarik para pendengar. Cara paling mudah saat memilih topik adalah menyesuaikan dengan passion yang kamu sukai. Berbekal topik yang kamu kuasai maka para pendengar podcast akan menilai kamu sebagai ahli yang dapat dipercaya.


Pasang Smartphone di Posisi Tepat


Posisi smartphone saat merekam juga bisa menentukan hasil dari rekaman audio. Sebaiknya letakkan dengan jarak yang cukup agar bisa menghindari volume suara hembusan angin dari mulut atau hidung. Setelah menentukan topik dan mempersiapkan smartphone, sekarang kamu sudah bisa menyiapkan script untuk tayangan podcast perdana. Khusus untuk episode pembuka, buatlah perkenalan tentang dirimu dan topik yang akan kamu bahas di podcast secara singkat dan informatif.

 

Halaman:

Editor: Mohamad Kustandi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasukan Yonif 310/KK Adalah Pasukan Hebat.

Jumat, 17 September 2021 | 14:37 WIB

Bupati Bandung Dukung Gerakan Petani Milenial

Selasa, 14 September 2021 | 23:25 WIB
X