• Minggu, 24 Oktober 2021

Begini Cara Kota Bandung Mencegah Thalasemia Secara Dini

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 21:06 WIB
Walikota Bandung saat peluncuran program garputala
Walikota Bandung saat peluncuran program garputala

BANDUNG, GE - Kota Bandung mempunyai cara dalam pencegahan kelahiran penderita thalasemia baru yaitu dengan menggelar Uji Coba Deteksi Dini Thalasemia di UPT Puskesmas Garuda, Jalan Dadali, Kota Bandung Selasa 5 Oktober 2021.

Uji coba ini terselenggara berkat kolaborasi Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Bandung.

Thalasemia merupakan kelainan darah yang membuat penderitanya mengalami keluhan cepat lelah, mudah mengantuk, hingga sesak nafas. Kelainan ini diturunkan dari orang tua atau genetik.

Baca Juga: Ini Pesan Wagub Jabar Uu Ruzhanul di HUT TNI ke-76

Kelainan tersebut belum dapat diobati, namun dapat dicegah melalui pencegahan perkawinan sesama pembawa sifat thalasemia. Sehingga memerlukan pendeteksian dini atau skrining.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berharap, dengan adanya program Deteksi Dini Thalasemia ini, sosialisasi dan edukasi semakin gencar. Sehingga masyarakat semakin paham tentang thalasemia.

"Nanti kita bisa mendapat data yang akurat. Mudah-mudahan bisa memitigasi terjadinya pernikahan antara pembawa sifat," katanya saat menghadiri Kick Off Uji Coba Deteksi Dini Thalasemia.

Menurutnya, ketika pernikahan pembawa sifat ini bisa diputus mata rantainya dengan pemahaman masyarakat, maka bisa meminimalisir terjadinya thalasemia baru.

"Pengidapnya di Kota Bandung sekitar 300 an orang yang sedang pengobatan. Karena Jawa Barat termasuk tertinggi tingkat provinsi, maka Kota Bandung juga bisa dikatakan tinggi," ucap Oded.

"Karena ini penyakit turunan atau genetik, makanya salah satu caranya dengan tidak ada pernikahan pembawa sifat, pemahaman itu sudah ada di masyarakat tetapi masih kurang," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Mohamad Kustandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Silaturahmi Dengan Veteran Wilayah Indramayu.

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 22:24 WIB

Penggemar Motor Tua di Kota Bandung Mulai Menggeliat

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:18 WIB

Cara Mengenali Orang Kreatif, Ini 5 Ciri-cirinya

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:16 WIB

Berikut 5 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:02 WIB

Produk Olahan Singkong Indonesia Tembus Pasar Dunia

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:04 WIB

5 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:07 WIB

Cara Mengatasi Sakit Punggung Atas dan Penyebabnya

Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:57 WIB
X