• Minggu, 24 Oktober 2021

Wagub Uu Ruzhanul Ajak Masyarakat Sadar Wisata

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 22:03 WIB
Caption: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri acara silaturahim Pokdarwis Kabupaten Ciamis di Pasir Jati, Desa Sidamulih, Kabupaten Ciamis, Minggu (10/10/2021).
Caption: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri acara silaturahim Pokdarwis Kabupaten Ciamis di Pasir Jati, Desa Sidamulih, Kabupaten Ciamis, Minggu (10/10/2021).

CIAMIS, GE -- Kesadaran masyarakat perdesaan memahami potensi wisata di daerahnya sangat penting untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata. Selain untuk menarik minat wisatawan berkunjung, roda perekonomian di desa pun akan berputar semakin cepat.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri acara silaturahim Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Ciamis di Pasir Jati, Desa Sidamulih, Kabupaten Ciamis, Minggu (10/10/2021).

“Dengan adanya potensi wisata yang ada di desa-desa, kemudian kita angkat potensinya dan kita manfaatkan, maka InsyaAllah akan mampu meratakan dan meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada di daerah,” kata Pak Uu --sapaan Wagub Jabar.

Baca Juga: Ngintip Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya

“Karena desa wisata ada di daerah, maka dengan potensi wisata yang dimanfaatkan dan dikembangkan, dengan sendirinya akan ada pengunjung yang datang, kemudian pengunjung membawa uang, kemudian jajan (membelanjakan uangnya), maka di situ akan meningkatkan daya beli di daerah tersebut,” imbuhnya.

Pak Uu pun mengucapkan terima kasih kepada penggerak Pokdarwis dan Karang Taruna Kabupaten Ciamis yang telah mendorong gerakan sadar wisata di masyarakat. “Karena kami yakin, kegiatan ini (sadar wisata) akan memberikan dampak dan manfaat bagi (ekonomi) Jawa Barat,” katanya.

“Saya berharap potensi (wisata) yang ada di desa ini terus dipelihara, dikembangkan, dan kalau perlu fasilitas-fasilitas ditambah. Untuk pembangunan sadar wisata yang ada di desa-desa apalagi desanya yang sudah di-SK-kan oleh bupati atau kepala daerah tentang desa wisata, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat pun bisa memberikan bantuan sarana yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan, seperti akses jalan, sarana parkir, tempat ibadah, atau berupa kedai-kedai,” tambahnya.

Baca Juga: Ini Pesan Kang Emil buat Mojang Jajaka Zona Bodebek

Acara silaturahmi Pokdarwis merupakan kegiatan rutin bulanan yang digelar oleh Pokdarwis di Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut selain bagian dari kegiatan sosialisasi tentang Pokdarwis, sekaligus sebagai sarana edukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran potensi wisata yang dimiliki desa-desa di Ciamis.

Halaman:

Editor: Ferry Ardiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Silaturahmi Dengan Veteran Wilayah Indramayu.

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 22:24 WIB

Penggemar Motor Tua di Kota Bandung Mulai Menggeliat

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:18 WIB

Cara Mengenali Orang Kreatif, Ini 5 Ciri-cirinya

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:16 WIB

Berikut 5 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:02 WIB

Produk Olahan Singkong Indonesia Tembus Pasar Dunia

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:04 WIB

5 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:07 WIB

Cara Mengatasi Sakit Punggung Atas dan Penyebabnya

Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:57 WIB
X