• Selasa, 30 November 2021

Produk Olahan Singkong Indonesia Tembus Pasar Dunia

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:04 WIB
Olahan Singkong sedang di kemas untuk ekspor
Olahan Singkong sedang di kemas untuk ekspor

GELIAT EKONOMI, JAKARTA-Singkong (Manihot utilissima atau Manihot esculenta crantz) merupakan pangan lokal alternatif penghasil karbohidrat selain beras dan jagung.

Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Reni Yanita menyampaikan, singkong dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan dan berpotensi besar untuk dikembangkan di pasar global.

Menurut Reni Yanita,singkong Indonesia saat ini  telah merambah pasar dunia, produk olahan singkong digemari di banyak negara Eropa dan Amerika sebagai panganan dan camilan premium,katanya di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Di Dubai, Ada Es Campur dan Bebek Betutu Bertoppingkan Emas

Melihat potensi komoditas umbi lokal tersebut, Kemenperin melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) terus mendukung pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) khususnya pengolahan komoditas umbi-umbian seperti singkong.

Kemenperin memberikan apresiasi terhadap capaian yang telah diraih oleh CV. Nusantara Jaya Food dalam mengangkat produk lokal hingga bisa dikenal di pasar internasional, khususnya ke Belanda dan kedepannya akan ke Kepulauan Karibia.

“Kami sangat mendukung berbagai inovasi produk makanan dan minuman oleh IKM yang dapat mengoptimalkan pemberdayaan bahan baku lokal dan memiliki kebaharuan manfaat untuk menghadapi tantangan pasar global,” tambahnya.

Baca Juga: Komisi II Dukung Panambahan Satpras Pengujian Produk UMKM Berbasis Perikanan

“Ditjen IKMA memfasilitasi program-program peningkatan daya saing bagi IKM olahan pangan agar dapat meningkatkan nilai tambah dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Ferry Ardiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI Jemput Warga Dari Rumah Ke Rumah.

Senin, 29 November 2021 | 20:04 WIB

Pemuda Pilihan Siap Ikuti Dikmata.

Jumat, 26 November 2021 | 23:04 WIB

Ini Merupakan Bentuk Solidaritas Di TKSK.

Kamis, 25 November 2021 | 06:36 WIB

Baksos Yang Digelar Ini, Merupakan Kegiatan Nasional.

Kamis, 25 November 2021 | 06:32 WIB

Gubernur Jabar Izinkan Namanya Jadi Merek Produk UMKM

Rabu, 24 November 2021 | 19:37 WIB

Siapkan Mental dan Fisik Untuk Kesuksesan Tugas.

Selasa, 23 November 2021 | 22:29 WIB
X