• Senin, 29 November 2021

Jangan Terkecoh Saat Berkendara Dengan Waktu Tempuh Cepat, karena Jalan Tol Di indonesia Rawan.

- Sabtu, 6 November 2021 | 12:14 WIB

GELIATEKONOMI, BANDUNG -- SEDIANYA Jalan Tol berfungsi untuk mengurai kemacetan dan atau mempercepat jarak tempuh. Bahkan digadang-gadang sebagai jalur ternyaman, teraman diperjalan sambil menikmati pemandangan serta suguhan menu makanan di Rest Area.

Jalan Tol juga disebut-sebut sebagai jalur yang bisa menekan angka kecelakaan lalulintas yang menimbulkan korban jiwa. Mungkin kita sepakat, apakah bener menggunakan tol perjalanan terhindar dari kemacetan. Terus apakah bener juga jalan tol merupakan jalur teraman saat berkendaraan roda empat. Dan apakah benar jalan tol adalah perjalanan sambil menikmati pemandangan sepanjang jalan. Atau apakah bener sebagai jalur tercepat menempuh perjalan jarak jauh.

Sederet pertanyaan itu bisa disebut mewakili segudang pertanyaan lainnya yang kerap terdengar di media cetak, elektronik, medsos dan lain sebagainya sering terjadi kecelakaan di jalan tol hingga merenggut korban jiwa.

Baca Juga: Pangdam Serahkan 40 Unit Sepeda Motor Pengangkut Sampah.

Menelisik awal pembangunan jalan tol yang di awali pada Dekade Orde Baru Kabinet Pembangunan II atau Pelita II (1 April 1974 – 31 Maret 1979). Dimana saat itu Presiden Soeharto dalam sejarah yang pertama kalinya meresmikan Jalan Tol Jagorawi.

Tepat tanggal 9 Maret 1978 saat Soeharto meresmikan Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) sepanjang 490 Kilometer, menjadi tonggak sejarah bagi perkembangan dunia Transportasi Indonesia.

Hingga pembangunan ruas Jalan Tol terus berkembang dimana-mana. Hutan, Kebun, pemukiman penduduk, Tempat Pemakaman Umum (TPU) hingga tempat yang dikeramatkan dibabad habis terdampak proyek pembangunan Jalan Tol.

Baca Juga: Dankodiklatad Menguji Kesiapan Gelar Amphibious Ponton M3

Kucuran Dana terus digelontorkan dalam proyek pembangunan tersebut. Melibatkan unsur terkait mulai dari pemerintah, pihak swasta (investor) hingga merambah ke bank dunia.

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemuda Pilihan Siap Ikuti Dikmata.

Jumat, 26 November 2021 | 23:04 WIB

Ini Merupakan Bentuk Solidaritas Di TKSK.

Kamis, 25 November 2021 | 06:36 WIB

Baksos Yang Digelar Ini, Merupakan Kegiatan Nasional.

Kamis, 25 November 2021 | 06:32 WIB

Gubernur Jabar Izinkan Namanya Jadi Merek Produk UMKM

Rabu, 24 November 2021 | 19:37 WIB

Siapkan Mental dan Fisik Untuk Kesuksesan Tugas.

Selasa, 23 November 2021 | 22:29 WIB

Penjaringan Dalam Porsadin, Untuk Tingkat Kabupaten.

Senin, 22 November 2021 | 17:35 WIB

Arist Merdeka Sirait, Meluncurkan Dua Karya Penting.

Senin, 22 November 2021 | 17:11 WIB
X