• Senin, 29 November 2021

Indonesia Sharia Economic Festival 8th (ISEF) Sustainable Fashion, Sustainable Lifestyle 'JANGGAWARI'

- Sabtu, 6 November 2021 | 21:18 WIB

GELIATEKONOMI, JAKARTA -- NAMA Nina Nugroho adalah Label Busana Muslimah rancangan Desainer Nina Septiana. Nina mengusung konsep Modest Fashion for Professional yang bernuansa Klasik Modern. yaitu memadukan gaya desain klasik yang timeless dengan pemilihan warna yang tegas yang tak lekang waktu. Dan gaya modern yang Up to Date dan mengikuti kebutuhan dan tuntutan mobilitas dunia modern.

Dalam kesempatan Hybrid Fashion Show yang digelar Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 8th 2021. Yang berlangsung beberapa waktu lalu, di JCC (Jakarta Convention Centre). Dan Nina Nugroho menampilkan koleksi dengan tema 'Janggawari'. Tema Janggawari diambil dari nama sebuah kain tenun nan unik dan langka yang berasal dari Suku Baduy Banten Jawa Barat. 

Baca Juga: Dua Anak Usia Sekolah, Terpaksa Menanggalkan Seragam Sekolah, Guna Menopang Ekonomi Keluarga.

Filosofi menenun terutama kain tenun Janggawari ini menarik untuk diangkat, karena terkait erat dengan keberdayaan perempuan dalam hal menjaga fitrah dan harga dirinya. Sekaligus menjaga kedisiplinan dan sosial budaya nya.

Keberdayaan perempuan Suku Baduy terkait erat dengan aktivitas menenun yang hanya boleh dilakukan oleh perempuan. Hal ini sejalan dengan semangat kampanye Gerakan hastag akuberdaya yang sedang digaungkan oleh Brand Nina Nugroho, dengan tujuan melejitkan keberdayaan perempuan Indonesia.

Kain Tenun Janggawari didominasi oleh warna alam, yang oleh masyarakat Baduy diartikan dengan suci dan kukuh mempertahan kan martabat Suku Baduy dari Pengaruh Budaya Luar. Coraknya yang sederhana mencerminkan sikap hidup dan adat istiadat yang masih ketat dijaga sebagai warisan nenek moyang.

Baca Juga: Atlet Kota Bandung Sumbang Dua Medali Emas di Peparnas 2021

Cara Suku Baduy menjaga kehormatannya, mengajarkan kedisiplinan dan menghormati adat istiadat leluhur melalui kegiatan menenun seiring dengan filosofi Nina Nugroho. Sebagai Busana Kerja Wanita yang dalam setiap desainnya menjunjung tinggi nilai-nilai seorang perempuan. Dan setiap detailnya dalam rangka menjaga kehormatan dan kesopanan perempuan Indonesia. Nina konsisten menjaga Kaidah-kaidah tersebut dalam setiap karyanya. 

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemuda Pilihan Siap Ikuti Dikmata.

Jumat, 26 November 2021 | 23:04 WIB

Ini Merupakan Bentuk Solidaritas Di TKSK.

Kamis, 25 November 2021 | 06:36 WIB

Baksos Yang Digelar Ini, Merupakan Kegiatan Nasional.

Kamis, 25 November 2021 | 06:32 WIB

Gubernur Jabar Izinkan Namanya Jadi Merek Produk UMKM

Rabu, 24 November 2021 | 19:37 WIB

Siapkan Mental dan Fisik Untuk Kesuksesan Tugas.

Selasa, 23 November 2021 | 22:29 WIB

Penjaringan Dalam Porsadin, Untuk Tingkat Kabupaten.

Senin, 22 November 2021 | 17:35 WIB

Arist Merdeka Sirait, Meluncurkan Dua Karya Penting.

Senin, 22 November 2021 | 17:11 WIB
X