• Senin, 29 November 2021

Diharapkan Wayang Mampu Menjadi Produk Kreatif Yang Mandiri Secara Ekonomi.

- Senin, 8 November 2021 | 15:52 WIB

GELIATEKONOMI, JAKARTAN -- Peringatan Hari Wayang Nasional menjadi momentum puncak kesadaran, persatuan, dan kecintaan masyarakat terhadap salah satu kebudayaan bangsa Indonesia.

Peringatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat dalam melestarikan, mengembangkan dan mengkaji wayang dalam rangka mewujudkan kebudayaan nasional yang dinamis dan modern. 

Hal ini antara lain yang melatarbelakangi diselenggarakannya acara 'Living Intangible Cultural Heritage Forum for Wayang Puppet Theater in Indonesia 2021' dalam rangka merayakan Hari Wayang Nasional Ke-3, di Jakarta, 7–9 November 2021. 

Baca Juga: Akibat Regulasi Baru Ini, Atlet Daerah Protes Keras di Peparnas Papua

'Saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya Hari Wayang Nasional (HWN) 2021. Wayang menjadi sumber dari kearifan dan moral lokal Indonesia. Merupakan seni adaptif. Bisa dipadukan dengan jenis seni lainnya. Mulai dari musik, peran, hingga tari-tarian. Tidak hanya seni pertunjukan, sebagai tontonan, tapi sebagai tatanan juga tuntunan,' papar Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D, menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Living ICH Forum for WPT in Indonesia - Hari Wayang Nasional Ke-3 secara Birtual.

Sambutan lainnya disampaikan secara virtual oleh Ketua DPR-RI, H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., dan AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI.

Perhelatan budaya yang diselenggarakan Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (SENA WANGI) ini dibagi dalam tiga format kegiatan yaitu.Atraksi, Diskusi dan Ekskursi.

Baca Juga: Angkat Berat Jabar Raih Medali Emas Pertama di Peparnas Papua

'Peringatan Hari Wayang Nasional Ke-3 tahun 2021 ini sekaligus rintisan awal menjadikan Indonesia sebagai rumah wayang dunia,' terang Ketua Umum Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (SENA WANGI), Drs. Suparmin Sunjoyo, di lokasi acara di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta Timur, Minggu, 7 November 2021. 

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemuda Pilihan Siap Ikuti Dikmata.

Jumat, 26 November 2021 | 23:04 WIB

Ini Merupakan Bentuk Solidaritas Di TKSK.

Kamis, 25 November 2021 | 06:36 WIB

Baksos Yang Digelar Ini, Merupakan Kegiatan Nasional.

Kamis, 25 November 2021 | 06:32 WIB

Gubernur Jabar Izinkan Namanya Jadi Merek Produk UMKM

Rabu, 24 November 2021 | 19:37 WIB

Siapkan Mental dan Fisik Untuk Kesuksesan Tugas.

Selasa, 23 November 2021 | 22:29 WIB

Penjaringan Dalam Porsadin, Untuk Tingkat Kabupaten.

Senin, 22 November 2021 | 17:35 WIB

Arist Merdeka Sirait, Meluncurkan Dua Karya Penting.

Senin, 22 November 2021 | 17:11 WIB
X