• Senin, 29 November 2021

Festival Budaya dan Kuliner Linggawangi, Bukti Jati Diri Sunda Itu Ada.

- Rabu, 10 November 2021 | 16:13 WIB

GELIATEKONOMI, TASIKMALAYA -- HAJAT Budaya Linggawangi yang diprakarsai Desa Linggawangi kerjasama dengan Kementerian Kebudayaan RI dan Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya. Dipertontonkan di Lapang Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, Minggu, 7 November 2021.

Ragam kesenian khas Sunda serta 'Kaulinan Urang Lembur' (Permainan Anak Desa), juga makanan tempo dulu. Ditampil dan meramaikan acara tersebut. 

Meski sempat diguyur hujan, Festival tetap meriah bahkan dapat menghibur warga yang hadir menyaksikanya. Mulai dari tampilan Seni Gondang, Pencak Silat, Seni Hadroh, Tari Jaipongan serta Seni-seni Sunda lainya.

Baca Juga: Mantan Walikota Tasikmalaya Budi Budiman, Telah Bebas Menghirup Udara Segar, Disambut Pejabat dan Masyarakat.

Mengutif dari kabar-priangan.com, yang update pada 7 November 2021, Festival Hajat Budaya Linggawangi dan Pasar Budaya mendapat sambutan hangat dari pengunjung yang menyaksikannya. Lapangan Desa pun penuh dipadati warga yang datang.

Dalam Gelar Festival itu, ditampilkan kesenian buhun Linggawangi seperti dari Komunitas Rembo atau Rempugan Ema-ema Milenial Bolodog Hadroh. Ada komunitas Pancaki atau Paguyuban Aceu-aceu Kaliung Kidul dengan Seni Tari Jaipong. Paguyuban Pakarang atau Paguyuban Kelieung Girang, menampilkan Gondang.

Belum lagi Paguyuban Hibusini atau Himpunan Ibu-ibu Sindangraja yang menampilkan Seni Calung. Plt Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Dudu Wardiman mengapresiasi kegiatan Festival Budaya Sunda ini.

Baca Juga: Menatap Seri Ketiga, Wander Luiz Siap Lanjutkan Tren Kemenangan

'Kami bersyukur dan bangga karena melalui kegiatan ini masyarakat Linggawangi. Sudah mengimplementasikan amanat UU No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,' kata Dudu.

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemuda Pilihan Siap Ikuti Dikmata.

Jumat, 26 November 2021 | 23:04 WIB

Ini Merupakan Bentuk Solidaritas Di TKSK.

Kamis, 25 November 2021 | 06:36 WIB

Baksos Yang Digelar Ini, Merupakan Kegiatan Nasional.

Kamis, 25 November 2021 | 06:32 WIB

Gubernur Jabar Izinkan Namanya Jadi Merek Produk UMKM

Rabu, 24 November 2021 | 19:37 WIB

Siapkan Mental dan Fisik Untuk Kesuksesan Tugas.

Selasa, 23 November 2021 | 22:29 WIB

Penjaringan Dalam Porsadin, Untuk Tingkat Kabupaten.

Senin, 22 November 2021 | 17:35 WIB

Arist Merdeka Sirait, Meluncurkan Dua Karya Penting.

Senin, 22 November 2021 | 17:11 WIB
X