• Selasa, 24 Mei 2022

Prajurit Siliwangi Harus Ingat, 'Datang Kudu Katingali Tarang, Mundur Kudu Katingali Punduk'

- Minggu, 2 Januari 2022 | 17:15 WIB

GELIATEKONOMI, BANDUNG -- Komando Daerah Militer (Kodam) III/L Sliliwangi menggelar Acara Laporan Korps Perwira Tinggi (Pati) dan Pamen Golongan V/Letkol, bertempat di Ruang RA. Kosasih Makodam III Siliwangi Jl Aceh No. 69 Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, mengatakan, kegiatan Laporan Korps Perwira Tinggi (Pati) dan Pamen Golongan V/Letkol telah dilaksanakan yang dipimpin Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Darmono Susastro, S.I.P., yang dihadiri Irdam III Siliwangi, Kapok Sahli Pangdam III Siliwangi, Asrendam III Siliwangi, para Asisten Kasdam III Siliwangi, dan para Kabalakdam III Siliwangi serta pejabat lainnya.

Perwira Tinggi (Pati) yang melaksanakan Laporan Korps yaitu Kapok Sahli Pangdam III Siliwangi', sementara untuk Perwira Menengah diantaranya Dandim 0621Kab. Bogor, Wakakumdam III Siliwangi, Dandim 0623/Cilegon, Danyonif 310/KK, Danyonarmed 5/105 Tarik/PG, Kasansidam III Siliwango dan Danyonarhanud 14/PWY.

Baca Juga: BPOM Akan Memberi Label Pada Galon Guna Ulang Dengan Free BPA

'Laporan Korps Raport telah selesai. Namun, Kodam III/Slw memiliki tradisi masuk tersendiri yang khas, dengan rangkaian tradisi penerimaan, pengenalan Satuan Mako, dan para Pejabat di dalamnnya. Yang tak kalah pentingnya yaitu diwajibkan untuk mengunjungi Museum Mandala Wangsit Siliwangi,' ujarnya.

Lanjut Kapendam menjelaskan, dengan diwajibkannya berkunjung ke Museum tersebut, setiap yang mendapat amanah menjadi organik Kodam III/Slw akan menerima pengetahuan sejarah dari awal berdirinya Kodam III Siliwangi dan apa yang wajib dan larangan bagi yang menggunakan Lambang Siliwangi, sebagaimana yang tersirat dalam Wangsit Siliwangi.

:Jika yang tersirat dalam Wangsit Siliwangi dan hal ini dilaksanakan, maka hidupnya akan mendapatkan keberkahan. Seperti dalam pepatahnya 'Datang Kudu Katingali Tarang, Mundur Kudu Katingali Punduk' yang memiliki arti kalau datang harus minta ijin kepada Tuan Rumah, dan pulangnyapun demikian harus minta ijin pulang (pamitan),' jelasnya.  

Kapendam juga, menyampaikan pesan Kasdam III Siliwangi, yaitu kepada yang mendapat penugasan di lingkungan Kodam III Siliwangi agar dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Karena ini merupakan amanah dan kepercayaan pimpinan yang harus disikapi dengan penuh rasa syukur disertai dengan sikap loyalitas, dedikasi dan niat. Untuk memberikan pengabdian terbaik, bagi satuan dan Kodam III Siliwangi sesuai dengan jabatan yang diemban masing-masing, pesannya. (***).

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rilis Galaxy A13 dan A23, Ini Keunggulannya

Rabu, 30 Maret 2022 | 16:37 WIB

Terpopuler

X