• Minggu, 3 Juli 2022

Komnas Perlindungan Anak Konsisten Perjuangkan Hak Anak Dari Bahaya BPA

- Rabu, 27 April 2022 | 13:58 WIB

GELIATEKONOMI, JAKARTA -- HINGGA saat ini, Komnas Perlindungan Anak tetap konsisten memperjuangkan hak - hak anak. Terutama hak hidup anak untuk bisa tumbuh kembang secara sehat.

'Namun perjuangan untuk melindungi anak-anak kerap kali berbenturan dengan kepentingan lain,' ujar Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait.

Hadir pada acara 'Dialog Ilmiah Demi Anak-Anak Indonesia Terbebas Dari Kemasan BPA’ di Auditorium Komnas Perlindungan Anak, Jakarta, Kamis (21/4/22), Arist menyampaikan, bahwa pihaknya telah berjuang keras agar BPOM sebagai pemegang regulator memberi label pada galon guna ulang dan kemasan yang mengandung BPA.

BPOM, papar Arist, telah bersikap proaktif dan sangat mendengarkan masukan masyarakat. BPOM telah merampungkan rancangan Perubahan Kedua atas Perka No 31 Tahun 2018 Tentang Label Pangan Olahan. Begitu juga perjuangan Komnas Perlindungan Anak dalam melindungi bayi, balita dan janin terbebas dari paparan Bisphenol A atau BPA.

Baca Juga: Ulah Apalagi Nih, Yang Dilakukan Doddy Sudrajat Pake Peluk-peluk Tiara Marleen Segala

'Tapi sayang rancangan itu belum juga ditandatangani. Konon, Kemenko Ekonomi telah mengintervensi Sekretaris Kabinet sehingga presiden belum menandatangani,' ungkapnya.

Dialog ilmiah yang digelar dalam rangka memperingati hari Kartini tersebut juga mengundang para Kartini Milenial seperti, Wakil Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Umum Indonesia, dr Hartati B. Bangsa, Ketua Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) Nia Umar, Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKB dan Direktur PAUD Institute Lia Latifah.

Arist Merdeka juga menegaskan, bahwa perjuangan Komnas Anak tidak terkait dengan persaingan usaha AMDK seperti yang dituduhkan oleh pihak yang hanya berpikir ekonomi tanpa memperhatikan kesehatan anak.

'Dalam rangka hari Kartini, kita mau mengampanyekan agar ibu-ibu punya pengetahuan tentang bahaya BPA. Karena BPA cukup berbahaya. Kalau tidak bagaimana kita mau menyelamatkan anak,' tandasnya.

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Terkini

TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI

Jumat, 10 Juni 2022 | 20:45 WIB

Paramitha Rusady Yang Selalu Hati-hati

Jumat, 10 Juni 2022 | 20:43 WIB
X