• Minggu, 3 Juli 2022

Membangun Komunikasi Sosial Yang Efektif, Di Era Digital Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD

- Rabu, 8 Juni 2022 | 20:21 WIB

GELIATEKONOMI, JAKARTA -- PANGDAM III/Siliwangi menjadi salasatu Narasumber pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD), Staf ahli Kasad. Dengan yang mengambil tema 'Membangun Komunikasi Sosial Yang Efektif Di Era Digital Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD', bertempat di gedung AH Nasution lantai 2 Mabesad, Selasa, 7 Juni 2022.

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, disela-sela mendampingi Pangdam III/Siliwangi di Mabesad Jakarta.

Acara tersebut diawali dengan penjelasan tentang latar belakang dilaksanakannya FGD, kemudian dilanjutkan paparan dari beberapa narasumber. Sebagai pemapar pertama adalah Deputi VII Bidang Komunikasi dan Informasi BIN dilanjutkan pemapar ke dua Whisnu Tri Wibowo Kepala Program Sarjana Komunikasi FISIP UI dan Pangdam III/Siliwangi sebagai pemapar ke Tiga.

Baca Juga: Sang Produser Rela Menunggu Berjam-jam, Demi Paramitha Rusady

Pada kesempatan tersebut Pangdam III/Siliwangi memaparkan Pengembangan Sistem Informasi dan Sistem Komunikasi Terintegrasi serta Battlefield Management System (BMS) di Kodam III/Siliwangi. Penggunaan Sisfo dan Siskom Terintegrasi ini, akan mempengaruhi Komando dan Pengendalian serta Pengambilan Keputusan.

Untuk Komando memiliki beberapa Fitur diantaranya Artificial intellegence (AI) atau kecerdasan yang ditambahkan pada suatu sistem. Fitur tersebut adalah untuk membantu Pimpinan dalam mengambil keputusan yang tepat. Kemudian Fitur Tracking yaitu untuk mengawasi fungsi pada masing-masing bidang.

Selain itu terdapat fitur Pelaporan yaitu untuk mempermudah Komando atas dalam pengolahan data yang diterima dari laporan satuan bawah. Dan tertuang dalam bentuk tabel atau grafik. Terdapat juga Fitur Massenger yaitu sarana mengirim dan menerima suatu pesan.

Baca Juga: Inilah Sejarah Batagor di Bandung, Yang Jadi Sorotan Dunia Itu

Sedangkan dalam pengendalian terdapat fitur Order, yaitu untuk menginput data yang dapat memberikan perintah secara terintegrasi. Kemudian fitur Route yaitu untuk mengimput data yang menjelaskan Route sesuai dengan tahapan operasi atau kegiatan yang dilakukan secara terintegrasi. Selain itu fitur GPS Koordinat, untuk melacak sebuah lokasi dan akses untuk menunjukkan data yang dilaporkan.

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI

Jumat, 10 Juni 2022 | 20:45 WIB

Paramitha Rusady Yang Selalu Hati-hati

Jumat, 10 Juni 2022 | 20:43 WIB
X