• Minggu, 3 Juli 2022

Firdaus Memorial Park Bukan Pemakaman Viral Harga Selangit

- Kamis, 9 Juni 2022 | 09:42 WIB
Pemakaman muslim Firdaus Memorial Park Sinergi Foundition
Pemakaman muslim Firdaus Memorial Park Sinergi Foundition

GELIAT EKONOMI.BANDUNG,- Pemakaman kini tak hanya menjadi fasilitas pelengkap, tapi juga menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Melihat peluang ini, berbagai vendor penyedia lahan makam pun bermunculan menawarkan harga yang fantastis. Mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Hal tersebut dianggap wajar, sebab tak hanya menyajikan keasrian dan kenyamanan bagi pengunjung tapi juga dilengkapi fasilitas lain. Mulai dari lokasi strategis dengan pemandangan yang indah, titik kavling yang privat, hingga berbagai fasilitas lainnya.

Pemakaman pun kini beralih image. Menjadi tempat elit yang hanya dihuni oleh orang-orang kelas atas, bukan dari kalangan biasa.

Menjadi solusi di tengah tingginya harga makam dan stigma makam hanya dihuni orang berpunya, Sinergi Foundation menghadirkan program Taman Pemakaman Muslim berbasis wakaf, Firdaus Memorial Park (FMP).

Baca Juga: HUT ke 76 Polisi Militer Angkatan Darat, Membangun Rasa Kepedulian Sosial dan Membantu Sesama

FMP sejak awal berdiri (2013), adalah sebentuk kepedulian akan minimnya dan mahalnya lahan pemakaman untuk kaum dhuafa. Sebab biaya pengurusan jenazah hingga pemakaman yang harus dibayarkan kaum dhuafa bisa jadi sebanding dengan biaya hidup bulanan bagi mereka.

Maka diusunglah skema wakaf dalam pemakaman ini. Seperti hakikat wakaf pada dasarnya, yaitu investasi harta dari para pewakaf untuk dialirkan manfaatnya kepada yang berhak menerima. Yang bisa menikmati pemakaman ini bukan hanya para pewakaf yang mewakafkan hartanya, tetapi juga diperuntukkan bagi kaum dhuafa secara gratis.

Meski pewakaf mendapat benefit untuk memanfaatkan kavling makam namun salah besar jika mengira para pewakaf bisa memesan lahan khusus sesuai keinginannya.

Pemakaman FMP dibuat sama, tidak ada stratifikasi yang membedakan satu sama lain. Sebagaimana tuntunan syariat dalam Islam. Tidak ada hiasan berlebih kecuali nisan sebagai penanda.

Halaman:

Editor: Ferry Ardiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI

Jumat, 10 Juni 2022 | 20:45 WIB

Paramitha Rusady Yang Selalu Hati-hati

Jumat, 10 Juni 2022 | 20:43 WIB
X