• Minggu, 2 Oktober 2022

20 Pompa Hidram Inovasi Kodam III Siliwangi, Dibawa Ke Perbatasan RI--Malaysia

- Jumat, 29 Juli 2022 | 20:21 WIB

GELIATEKONOMI, CIANJUR -- AIR merupakan salasatu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia, selain itu juga merupakan sumber tenaga yang disediakan alam sebagai pembangkit tenaga mekanis.

Kondisi wilayah Indonesia di beberapa daerah, di pedesaan mengalami kesulitan penyediaan air, terutama pada daerah yang mempunyai sumber air lebih rendah dari dataran yang berpenduduk, maka masyarakat untuk mendapatkan air harus menempuh jalan menurun serta tanjakan.

Menyikapi kondisi tersebut, Komandan Batalyon Armed-5/105 Tarik/PG Kodam III/Slw Mayor Arm Yan Octa Rombenanta, bersama 3 orang prajuritnya Serka Satria, Serka Mulyanto dan Kopda Rojana memanfaatkan inovasi teknologi yang mempu memecahkan persoalan tersebut, yang dikenal dengan 'Pompa Hidram'.

Pompa Hidram merupakan alat pompa, dengan memanfaatkan energi yang berasal dari air itu sendiri, hingga dapat menaikkan air dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi secara hidraulis.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Rakyat, Kodam III Siliwangi Berkolaborasi Dengan Poltekad

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, setelah dikonfirmasi melalui saluran telepon langsung dari Kampus Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) Kodiklatad Malang Jawa Timur. Saat mendampingi Pangdam III/Slw melakukan kunjungan kerja ke Poltekad, Kamis, 28 Juli 2022.

'Benar, Batalyon Armed-5/105- Tarik/PG Kodam III/Slw yang bermarkas di Cipanas Cianjur, dibawah Komando Mayor Arm Yan Octa Rombenanta. Telah melakukan inovasi teknologi berupa alat yang mampu menaikan air dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi yaitu Pompa Hidram,' jelasnya.

Pompa Hidram merupakan sebuah alat pompa air sederhana tanpa motor yang berguna menggerakkan air dengan aliran rendah.

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Man Behind The Gun

Minggu, 4 September 2022 | 13:12 WIB

Pembinaan UMKM, Tulang Punggung Pembangunan Ekonomi

Minggu, 4 September 2022 | 12:16 WIB

Ekspedisi Patroli Merah Putih

Selasa, 9 Agustus 2022 | 20:08 WIB

TNI Itu Adalah Tentara Yang Unik

Senin, 8 Agustus 2022 | 05:38 WIB

Terpopuler

X