• Minggu, 2 Oktober 2022

Kemenkominfo Tegaskan Bahaya BPA, Negara Hadir Lindungi Kesehatan Anak Indonesia

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 06:14 WIB

GELIATEKONOMI, JAKARTA-- KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia menegaskan bahaya Bisphenol-A (BPA) bukan informasi palsu (Hoax). Penghapusan status hoax ini menegaskan bahwa bahaya BPA pada galon guna ulang adalah benar.

BPA adalah senyawa yang berfungsi menghasilkan plastik polikarbonat. Bertujuan membuat jenis plastik kuat, ringan, dan terlihat bening. Namun berdasarkan penelitian ditengarai mengandung racun.

Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait menyampaikan, bahwa keputusan Kemenkominfo sudah tepat.

Kebijakan ini merupakan hadiah bagi anak-anak Indonesia karena informasi ini didapat beberapa hari sebelum peringatan Hari Anak Nasional 2022 dengan tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju,” terang Arist Merdeka Sirait, saat ditemui di kantornya, di Jakarta, Senin, 1 Agustus 2022.

Arist menjelaskan bahwa soal bahaya BPA pada galon isi ulang itu telah disampaikan oleh banyak para ahli saat dilakukan saresehan ‘Upaya Perlindungan Kesehatan Masyarakat’ yang diprakarsai BPOM, di Jakarta, 7 Juni 2022 lalu.

Baca Juga: Touring Bersama Pangdam III/Slw Merupakan Wahana Aksi Nyata, Dalam Rangka Belanja Masalah di Daerah

Para ahli kesehatan dari seluruh Universitas Negeri di Indonesia juga lembaga penelitian, semua sepakat bahwa bahaya BPA pada galon isi ulang bukan Hoax.

Arist menyampaikan hampir seluruh pakar yang sangat kompeten di bidangnya menyatakan bahwa zat BPA berbahaya.

Kaum akademisi seperti Prof. Dr. Ir. Dedi Fatdiaz Msc, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Prof Dr Akbar Hanif, Peneliti Loka Penelitian Teknik, LIPI, Dekan Fakultas Farmasi UNAIR, Prof. Junaidi Khotib, Prof. Dr. Andri Cahyo Kumoro Guru Besar Fakultas Teknik Kimia Undip, semua sepakat bahwa BPA sangat berbahaya.

Halaman:

Editor: Herry Kusraeli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Man Behind The Gun

Minggu, 4 September 2022 | 13:12 WIB

Pembinaan UMKM, Tulang Punggung Pembangunan Ekonomi

Minggu, 4 September 2022 | 12:16 WIB

Ekspedisi Patroli Merah Putih

Selasa, 9 Agustus 2022 | 20:08 WIB

TNI Itu Adalah Tentara Yang Unik

Senin, 8 Agustus 2022 | 05:38 WIB

Terpopuler

X